Kumpulan menu buka Puasa di bulan Ramadhan 1440 H tahun 2019

2 min read

Mulai hari ini Puasa di bulan Ramadhan sudah menginjak hari pertama bagi umat Muslim dan satu bulan kemudian akan merayakan kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri. Pada kesempatan ini inggin berbagi sedikit resep untuk tetap menjaga kebugaran atau kesehatan bagi sahabat yang menjalankan Puasa di bulan Ramadhan ini.

Kumpulan daftar menu Sahur puasa di bulan Ramadhan | Tips terbaru 2019
  • Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1440 H 2019 | Lengkap seluruh wilayah Indonesia
  • Nah untuk berbuka puasa di sore hari nanti berikut adalah tips sederhana bagaimana cara agar tetap sehat menjalankan puasa sampai dengan selesai satu bulan penuh. Salah satu yang utama adalah cara mengkonsumsi makanan pada saat Sahur dan berbuka Puasa karena dengan sahabat mengatur pola makan maka perut akan tetap stabil. Tetapi sebaliknya jika sahabat mengkonsumsi makanan terlalu sedikit makan perut akan cepat lapar dan apabila sahabat makan terlalu banyak maka akan

    berpengaruh kepada kondisi pencernaan perut.
    Jenis makanan yang kita konsumsi pada saat sahur di pagi hari dan saat berbuka puasa harus sedikit berbeda karena supaya tidak merasa bosan dan ada beberapa jenis makanan atau minuman yang tidak boleh di konsumsi secara langsung saat perut kosong.
    Tips untuk menghindari perut begah di hari-hari pertama puasa.
    – Mengurangi porsi makan
    – Mengurangi makan makanan pedas
    – Mengurangi gorengan
    – Mengurangi makanan manis
    – Mengurangi makanan bergas

    7 Tips Sehat Berbuka Puasa Yang Baik supaya tetap Sehat
    1) Berbuka dengan Kurma dan segelas Air
    Buah Kurma sangat Popular di saat bulan Puasa, disamping rasanya manis buah ini juga banyak mengadung zat besi yang dapat mengurangi Anemia.
    2) Mengkonsumsi Makanan yang mengandung Karbohidrat Kompleks
    Biji-bijian, sereal atau makanan yang serupa menyediakan kalori dan gula yang sangat dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa. Siapkanlah roti, sayuran dan daging untuk membuat roti isi yang mudah dihidangkan. Roti isi yang terdiri dari sayuran dan daging mengandung cukup nutrisi, beragam vitamin dan serat yang baik untuk tubuh.
    3) Jangan berlebihan ketika berbuka
    Saluran pencernaan membutuhkan waktu untuk memproses makanan setelah mengalami kekurangan kalori akibat seharian penuh berpuasa. Oleh karena itu jangan berlebihan ketika berbuka. Berbuka puasa secara berlebihan dapat menyebabkan permasalahan lambung. Makanan dalam jumlah besar yang masuk secara tiba-tiba kedalam lambung akan memaksanya memproduksi beragam enzim dalam satu waktu sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu perlahanlah saat memakan dan kunyahlah makanan secara proporsional. Terlebih makan berlebihan tidak sesuai dengan adab islami

    4) Meminum dan mengkonsumsi lebih banyak cairan.
    Minumlah air dengan jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Air akan membantu ekskresi racun dan membantu pencernaan. Selain itu, jus buah segar adalah sumber gula, vitamin dan mineral. Anda juga dapat mengkonsumsi sup ayam atau semur, ini kaya protein, yang membantu dalam membangun jaringan atau massa otot dan mencegah tubuh dari mendapatkan kelelahan dengan mudah. Sup juga merupakan sumber nutrisi yang baik dan elektrolit yang membantu mencegah kelelahan dan dehidrasi.
    5) Hindari makanan berminyak/gorengan
    Makanan berminyak akan memakan waktu lebih lama untuk dicerna dan membuat Anda merasa kenyang, tapi sebenarnya tidak memberikan nutrisi yang cukup. Makanan-makanan tersebut bukanlah pilihan yang ideal untuk berbuka (atau secara umum). Meskipun demikian, kalau memang diharuskan, tidak mengapa memakannya sedikit saja ketika makan malam.
    6) Segerakan berbuka
    Ini bukan saran tentang menu berbuka Anda, tapi saran mengenai kapan Anda berbuka. Berbuka di waktu yang tepat adalah aspek penting dalam Ramadhan, karena menundanya tanpa keperluan, adalah tidak disarankan.
    7) Berbagi makanan untuk berbuka puasa
    Anda bisa menambah pahala dengan menyediakan makanan berbuka bagi tetangga, dan muslim lain yang membutuhkan.

    Nah jika kita sudah mengetahui bagaimana tips saat berbuka Puasa maka sahabat sudah tau pasti bukan makanan atau minuman apa saja yang baik di konsumsi saat berbuka Puasa agar tetap sehat. Berikut adalah contoh menu makanan untuk berbuka Puasa yang sehat supaya sahabat tetap kuat sampai akhir.
    30 Menu Resep Praktis Untuk Berbuka Puasa
    1. Bola Daging Lada Hitam
    2. Semur Telur Puyuh Jamur
    3. Urap Sayur
    4. Tumis Buncis Tempe
    5. Salmon Panggang Bumbu Daun Ketumbar
    6. Sup Ayam
    7. Tumis Buncis Jagung Teriyaki
    8. Tumis Brokoli Bakso Sapi
    9. Tumis Taoge Ikan Asin
    10. Ayam Teriyaki
    11. Sayur Kohlrabi (Labu Siam)
    12. Tumis Sosis Sayuran
    13. Udang Kuah Asam Manis
    14. Ikan Pindang Ijo
    15. Sayur Tahu Kecambah
    16. Kolak Pisang
    17. Bolu Pisang Cokelat
    18. Brownies Kurma
    19. Kolak Biji Salak
    20. Salad Buah
    21. Puding Enak
    22. Kue Talam
    23. Es Buah Segar
    24. Es Goyobod
    25. Es Cincau Nutrijel
    26. Es Nanas Pepaya
    27. Es Teh Lemon Jahe Mint
    28. Jus Semangka Mint
    29. Es Kopyor
    30. Jus Strawberry

    Semua Resep Masakan tersebut bisa sahabat dapatkan di www.racikanbumbu.com

    3 Jenis Kayu Jati Jepara dan Harganya terbaru 2020

    Sebagian besar orang pasti sudah mengetahui apa itu kayu jati. Namun, tidak semua orang tahu jenis dan macamnya. Kayu Jati dibagi menjadi beberapa jenis...
    BungMais.com
    2 min read

    CV (Curriculum Vitae) terbaru 2019 Gratis format Word (DOC)…

    Contoh Biodata atau yang biasa kita sebut dengan CV (Curriculum Vitae) dibutuhkan saat melamar pekerjaan di sebuah Perusahaan. Kelengkapan daftar Riwayat Hidup dalam sebuah...
    BungMais.com
    1 min read

    100 Soal Tes Teori Dump Truck Nissan Tambang Batubara

    Mastimon.Com – Sebelum bisa masuk ke Perusahaan Tambang Batubara kita pasti mengikuti tahapan Seleksi Tes Teori dan Praktek. Pada artikel ini adalah kumpulan beberapa...
    BungMais.com
    22 sec read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *