Inilah Hak dan Kewajiban Karyawan Kontrak (PKWT) dan Tetap (PKWTT)

1 min read

Menjadi seorang Karyawan di sebuah Perusahaan kita memiliki sebuah HAK dan Kewajiban. Yang paling umum kita dengar yaitu bahwa Kewajiban kita adalah Bekerja dan mematuhi Peraturan Perusahaan. Sedangkan HAK yang bisa kita peroleh adalah mendapatkan Gaji setiap bulannya sesuai Kontrak ataupun Kesepakatan antara Perusahaan dan Karyawan.

Cara menghitung Lembur Gaji Karyawan dengan mudah

Ada juga Pekerja Harian Lepas dimana Perusahaan hanya memperkerjakan saat diperlukan saja. Kesepakatan Kontrak yang dibuat disepakati keduabelah pihak di atas Materai. Pembayarannya bisa dilakukan per Minggu ataupun Perbulan berdasarkan Kesepakatan. Gaji sehari dipertimbangkan juga mengacu ke UMR (Upah Minimum Regional) yang di bagi dengan 25.

BACA JUGA :  Kumpulan SOAL TES masuk Indomaret, Alfamart dan Kunci Jawabannya

Hak Karyawan Kontrak (PKWT)

Karyawan Kontrak berhak mendapatkan Gaji dalam pekerjaannya dan tentunya fasilitas lainnya seperti Kesehatan dan Seragam Kerja. Selain itu memperoleh Cuti jika masa kerja mencapai 12 bulan tanpa Berhenti atau Putus Kontraknya. Jika dilakukan PHK sebelum masa Kontrak berakhir maka Perusahaan Wajib membayar sisa Kontrak tersebut.

Hak Karyawan Tetap (PKWTT)

Hampir sama untuk Hak Karyawan tetap yaitu Mendapatkan Gaji, Fasilitas Kesehatan, Makan, Mess (Tempat Tinggal) dan Transportasi. Yang membedakan adalah saat dilakukan PHK oleh Perusahaan ataupun Jika Karyawan mengundurkan diri. Semua Hak Karyawan sudah ditentukan dalam UU No.13. Selain itu HAK karyawan juga mendapatkan upah Lembur jika melewati Jam Kerja yang ditentukan. Baca : Cara hitung Pesangon Karyawan saat di PHK.

BACA JUGA :  Inilah Daftar Harga Kubah Masjid Termurah dan Terbaru 2021

Kewajiban Karyawan Kontrak (PKWT)

Wajib bekerja selama kurun waktu yang sudah ditentukan. Mematuhi peraturan Perusahaan yang sudah dibagikan dan biasanya dibuat dalam bentuk buku. Buku kecil tersebut biasa kita lihat yaitu PP (Peraturan Perusahaa) atau PKB (Perjanjian Kerja Bersama). PKB biasanya dibuat oleh Serikat Buruh dari perwakilan karyawan dengan Manajemen Perusahaan.

Kewajiban Karyawan Tetap (PKWTT)

Kewajiban karyawan tetap dengan karyawan kontrak sama saja yaitu bekerja. Apabila melanggar dari Peraturan maka akan diberikan sangsi yang berlaku seperti Konseling, SP1, SP 2, SP 3 bahkan PHK. Perusahaan bisa melakukan PHK tanpa pesangon apabila karyawan tersebut melakukan Pelanggaran Berat.

BACA JUGA :  Contoh Pidato singkat tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Jika anda inggin melihat HAK dan Kewajiban secara lengkap silahkan membaca : Contoh Kontrak Kerja Karyawan terbaru. Sudah lengkap dijelaskan tentang Poin apa saja yang bisa di dapatkan, Kesepakatan Gaji, BPJS, Tentang berakhirnya Kontrak sampai dengan Penyelesaian Perselisihan apabila tidak terjadi Kesepakatan.

Itulah penjelasan singkat tentang HAK dan Kewajiban seorang Karyawan. Sedangkan untuk perusahaan nanti pada artikel selanjutnya akan saya buat. Buat kalian yang inggin mengetahui lebih banyak seputar Informasi tentang Karyawan bisa berkunjung ke situs RuangKaryawan.Com. terimakasih, semoga ulasan kami di atas bermanfaat.

3 Jenis Kayu Jati Jepara dan Harganya terbaru 2020

Sebagian besar orang pasti sudah mengetahui apa itu kayu jati. Namun, tidak semua orang tahu jenis dan macamnya. Kayu Jati dibagi menjadi beberapa jenis...
Infotekno Web
2 min read

CV (Curriculum Vitae) terbaru 2019 Gratis format Word (DOC) dan PDF

Contoh Biodata atau yang biasa kita sebut dengan CV (Curriculum Vitae) dibutuhkan saat melamar pekerjaan di sebuah Perusahaan. Kelengkapan daftar Riwayat Hidup dalam sebuah...
Infotekno Web
1 min read

100 Soal Tes Teori Dump Truck Nissan Tambang Batubara

Mastimon.Com – Sebelum bisa masuk ke Perusahaan Tambang Batubara kita pasti mengikuti tahapan Seleksi Tes Teori dan Praktek. Pada artikel ini adalah kumpulan beberapa...
Infotekno Web
22 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.