Cara Menjaga Mobil Kesayangan Tetap Aman Saat Mudik Pulang Kampung

1 min read

Mudik memang menjadi suatu kebiaasan bagi masyarakat Indonesia, khususnya pada hari hari besar keagamaan seperti lebaran dan tahun baru. Banyak dari kita menggunakan kendaraan seperti bus, pesawat, kapal dan kereta untuk mencapai tujuan yaitu kampung halaman. Namun banyak juga yang pulang menggunakan mobil pribadi karena dinilai lebih hemat dan simpel.

mobil. Padahal mengetahui kondisi ban terkini tidaklah begitu sulit. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek tekanan angin pada ban apakah sudah sesuai dengan standar pada alat atau belum. Setelah itu kamu harus memperhatikan ban serap lainnya juga cek apakah terdapat komponen lain yang menempel atau tidak yang bisa membahayakan perjalanan.

Perhatikan kembali apakah terdapat retakan pada ban. Selain itu memperhatikan batas ketebalan menggunakan Tread Wear Indicator (TWI) juga menjadi langkah yang sangat penting. Standar TWI memberikan batas ketebalan ban tidak lebih dari 1,6 mm. Sebagi antisipasi bawa selalu ban serap beserta peralatan untuk mengganti.

Cek Kondisi AKI

AKI adalah komponen pendukung kelistrikan yang sangat penting. Sangat penting melakukan pengecekan AKI sebelum melakukan perjalanan mudik. Dengan begitu kamu bisa mengetahui besarnya arus yang masuk, hingga ada atau tidaknya kebocoran arus yang bisa membuat AKI tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama.

Kamu juga harus mengecek ketersediaan AKI juga tidak boleh luput dari pengecekan karena apabila air AKI mengalami kekeringan, maka akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik.

Cek Sistem Kelistrikan dan Lampu

Senada dengan langkah sebelumnya, setelah mengecek kondisi AKI, maka kamu juga harus mengecek kondisi lampu mobil apakah masih layak digunakan atau tidak. Meski terlihat sederhana dan sering dilupakan, lampu utama dan lampu sein memiliki peran sangat penting dalam keselamatan di perjalanan. Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel dan juga bola lampunya.

Cek Cairan Pendukung Kinerja Mobil

Peristiwa mudik saat lebaran tidak pernah lepas dari kondisi jalanan yang macet. Oleh karena itu gunakan pelumas yang tidak hanya bisa memberikan perlindungan di kondisi jalan normal, namun juga yang mendukung pada kondisi macet sekalipun. Saat kondisi jalanan macet, kamu tentu akan lebih sering menginjak rem dan gas (stop start).

Jadi kamu bisa memilih cairan pelumas yang berkualitas yang mengandalkan molekul pintar yang melekat dan membentuk lapisan sehingga dapat memperbaiki mesin secara sendirinya (self healing layer). Ada beberapa brand pelumas dalam negeri dan juga luar yang memiliki kinerja Molekul yang selalu siap melindungi mesin dalam setiap momen kritis yang bisa terjadi saat kamu berkendara di tengah kemacetan. Dalam kondisi stop start, molekul pintar yang rusak karena tertekan bisa dengan cepat berubah kembali ke bentuk semula.

Pada akhirnya hal hal teknis yang kamu perhatikan diatas menjadi faktor keselamatan berkendara. Demikianlah artikel mengenai Cara Menjaga Mobil Kesayangan Tetap Aman Saat Mudik Pulang Kampung. Artikel yang ditulis oleh admin iweblogsite ini semoga dapat membantu kalian yang sedang dan akan mudik serta balik kembali ke tempat tinggal masing-masing.

3 Jenis Kayu Jati Jepara dan Harganya terbaru 2020

Sebagian besar orang pasti sudah mengetahui apa itu kayu jati. Namun, tidak semua orang tahu jenis dan macamnya. Kayu Jati dibagi menjadi beberapa jenis...
BungMais.com
2 min read

CV (Curriculum Vitae) terbaru 2019 Gratis format Word (DOC)…

Contoh Biodata atau yang biasa kita sebut dengan CV (Curriculum Vitae) dibutuhkan saat melamar pekerjaan di sebuah Perusahaan. Kelengkapan daftar Riwayat Hidup dalam sebuah...
BungMais.com
1 min read

100 Soal Tes Teori Dump Truck Nissan Tambang Batubara

Mastimon.Com – Sebelum bisa masuk ke Perusahaan Tambang Batubara kita pasti mengikuti tahapan Seleksi Tes Teori dan Praktek. Pada artikel ini adalah kumpulan beberapa...
BungMais.com
22 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.