7 Tools Photoshop yang sering digunakan Fotografer

1 min read

Cara menambah Teks di PhotoShop.

2. Marquee Tool

Tool yang satu ini hampir sama fungsinya dengan magic tool serta lasso tool pada Photoshop. Bahkan penggunaannya sering bersamaan. Fungsinya ialah mempermudah pembuatan area seleksi, meng-copy, menghapus foto hingga mewarnai gambar.

Menggunakan Filter Tools

Selain selection tools masih ada tools Photoshop yang sering digunakan Fotografer profesional masa kini. Tools yang satu ini biasanya diterapkan pada tahapan terakhir pada editing foto lewat Photoshop. Filter Tools menjadi alat edit foto yang tidak dapat ditinggalkan karena memberikan efek yang beragam pada foto. Di dalam Filter Tools terdapat sub tool yang biasa digunakan.

1. Camera Raw

Tool ini dimanfaatkan untuk mengedit gambar di camera raw. Umumnya, format foto yang edit pada menu tool ini adalah raw. Sehingga foto terbuka secara otomatis. Baca Juga : Cara merubah Foto berwarna menjadi hitam putih.

2. High Pass

High Pass Tool digunakan untuk memberikan efek yang tajam pada gambar. Fotografer yang kurang menyukai penggunaan unsharp mask bisa menggantinya dengan fitur High Pass.

3. Reduce Noice

Tool Reduce Noice digunakan dengan tambahan filter Gaussian Blur dan Radial Blur. Ketiga tools tersebut dimanfaatkan untuk mengurangi noise hingga menajamkan gambar. Sementara Gaussian Blur dan Radial Blur dapat memberikan efek buram foto.

Menggunakan Adjustment Layer Tools

Sebenarnya ada dua jenis Adjustment Layer Tools pada Photoshop untuk mengedit gambar. Keduanya yaitu Adjustment Menu Image dan Adjustment Layer. Pada pilihan pertama, biasanya efeknya hanya pada satu layer saja yang dapat dipilih. Sementara pada Adjustment Layer Tools Anda dapat membuat layer masking baru untuk diedit kembali. Berikut tools Photoshop yang sering digunakan fotografer lewat fitur Adjustment Layer.

1. Gradient Map

Tool ini digunakan untuk mengkonversi foto menjadi hitam putih. Salah satu keuntungan menggunakan tool Gradient Map ialah gradiasi hitam putih pada foto tampak kuat sekali. Baca Juga : Cara buat Spanduk dengan PhotoShop.

2. Vibrance

Meskipun pada fitur Adjustment Layer ada banyak tool pilihan namun Vibrance menjadi pilihan kebanyakan Fotografer. Vibrance dipilih untuk menaikkan dan menurunkan saturasi warna foto.

Pada dasarnya semua fitur Photoshop dapat digunakan untuk memaksimalkan hasil gambar yang diedit. Dari ragam fitur yang disediakan, Fotografer justru lebih mudah memilih mana tools yang lebih dibutuhkan dan memberikan efek terbaik pada foto. Anda pun dapat mengikuti langkah para fotografer untuk mendapatkan hasil editing gambar yang baik. Termasuk memilih tools Photoshop yang sering digunakan Fotografer di atas.

Itulah beberapa Tools yang biasa digunakan oleh seorang Fotografer yang bisa kalian coba. Kalian bisa juga belajar beberapa tips Photoshop terbaru di blog fatyanid.com.

Cara merubah file CDR ke PDF secara online tanpa…

Software Corel Draw adalah perangkat lunak yang banyak memiliki manfaat dalam mendesain sebuah Banner, Logo, Kartu Ucapan, Kartu Nama dan bahkan dapat membuat sebuah...
BungMais.com
41 sec read

Cara menambahkan TEKS/TULISAN pada Gambar/Foto dengan aplikasi Photoshop

Adobe Photoshop adalah adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Aplikasi ini banyak digunakan oleh...
BungMais.com
1 min read

Cara merubah Huruf Kecil ke Huruf Besar di Word…

Cara mudah buat Mail Merge di Ms Word untuk mempermudah Proses Administrasi. Aplikasi Ms Office di android. Kemudian buat tulisan anda atau buka halaman...
BungMais.com
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *