5 Cara perawatan Burung Poksay supaya rajin Berkicau

1 min read

Burung poksay merupakan salah satu jenis burung pengicau di Indonesia dan termasuk dalam keluarga familia Timaalidae. Burung ini adalah burung yang memiliki suara mumpuni dan populer dikalangan para pecinta burung, khususnya penggemar burung kicau. Burung poksay memiliki berbagai macam subspesies. Diantara banyak spesies, terdapat tiga jenis burung poksay yang banyak dipelihara oleh penggemar burung kicau, yaitu :

1. Burung Poksay Mantel

Burung poksay banyak dijumpai di Indonesia, bahkan hingga semenanjung Malaysia. Burung ini juga dapat ditemui di Brunei Darussalam. Burung poksay mantel memiliki nama latin yaitu Garrulax Palliatus, dan sering disebut sebagai Poksay Medan. Burung ini memiliki suara yang amat keras, sehingga apabila memelihara burung poksay mantel, harus dijauhkan dari burung-burung lain, karena dapat membuat stres burung lain dikarenakan suara yang keras dari burung ini.

suara kicauan burung poksay jantan dan betina. Burung poksay betina memiliki suara kicauan yang tidak variatif, atau dapat dikatakan memiliki suara yang monoton. Sedangkan untuk burung poksay jantan memiliki suara yang lebih bervariasi dengan suara kicauan yang lantang.

BACA JUGA :  Kumpulan Kebaya Modern untuk Orang Gemuk yang menarik

2. Burung Poksay Genting

Burung poksay genting memiliki kemiripan dengan poksay hongkong. Burung ini dapat ditemui di pasar burung Indonesia. Selain di Indonesia, burung ini juga dapat ditemui di Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam. Burung ini memerlukan perawatan yang teratur dan konsisten, sehingga dapat menghasilkan suara kicauan yang bagus. Namun burung ini memiliki suara kicauan yang kurang bervariasi daripada burung poksay mantel.

BACA JUGA :  10 Resep masakan olahan Ayam terbaru dan simple

Lihat Juga : Cara merawat Anakan Burung LoveBird

Hampir semua jenis burung poksay sulit untuk dibedakan berdasarkan fisiknya. Burung poksay genting sendiri dibedakan berdasarkan suara, sama dengan poksay mantel. Burung poksay genting betina hanya mengeluarkan suara panggilan saja. Burung poksay genting merupakan burung yang sangat aktif dan atraktif. Oleh karena itu, kandang yang digunakan untuk burung ini harus kokoh. Kandang untuk burung poksay genting cukup diberikan satu batang kayu saja untuk bertengger.

3. Burung Poksay Sumatera

Burung poksay sumatera memiliki jambul yang tidak mencolok. Burung poksay sumatera tersebar di Pulau Sumatera saja. Keberadaannya sudah sangat terbatas dikarenakan penangkapan liar yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Perawatan burung poksay sumatera hampir sama dengan jenis burung poksay lainnya. Hanya saja harus lebih memperhatikan beberapa hal agar burung dapat berkicau.

BACA JUGA :  10 Tips Mudik Lebaran Aman yang Harus Anda Coba

Perawatan Burung Poksay Supaya Rajin Berkicau

Agar Pakan yang diberikan dapat berupa buah-buahan, dapat juga berupa jangkrik maupun ulat bambu. Pemberian pakan tidak boleh berlebihan, yaitu 3 jangkrik pada pagi dan sore hari. Dan ulat bambu sebanyak 1-2 ekor untuk setiap harinya.

  • Kondisi burung poksay harus selalu bersih dan sehat, terutama bulu-bulunya.
  • Asupan nutrisi burung poksay harus sesuai. Yaitu pakan harian, multivitamin, multimineral dan extra fooding (EF).
  • Itulah cara perawatan burung poksay yang dapat kami sampaikan hari ini, semoga bermanfaat dan berguna bagi seluruh kicau mania yang membaca artikel di atas.

    3 Jenis Kayu Jati Jepara dan Harganya terbaru 2020

    Sebagian besar orang pasti sudah mengetahui apa itu kayu jati. Namun, tidak semua orang tahu jenis dan macamnya. Kayu Jati dibagi menjadi beberapa jenis...
    Infotekno Web
    2 min read

    CV (Curriculum Vitae) terbaru 2019 Gratis format Word (DOC) dan PDF

    Contoh Biodata atau yang biasa kita sebut dengan CV (Curriculum Vitae) dibutuhkan saat melamar pekerjaan di sebuah Perusahaan. Kelengkapan daftar Riwayat Hidup dalam sebuah...
    Infotekno Web
    1 min read

    100 Soal Tes Teori Dump Truck Nissan Tambang Batubara

    Mastimon.Com – Sebelum bisa masuk ke Perusahaan Tambang Batubara kita pasti mengikuti tahapan Seleksi Tes Teori dan Praktek. Pada artikel ini adalah kumpulan beberapa...
    Infotekno Web
    22 sec read

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.